Apa itu DNS, fungsi dan jenisnya

  Hasil gambar untuk dns
  Asalamualaikum wr.wb.
Setelah kemarin saya membahas tentang Apa itu FTP. pada kesempatan kali ini saya akan membahas Apa itu DNS, fungsi dan jenisnya. Kan ga lengkap kalo cuma Domain doang, DNS itu wajib ada biar domain bisa dikenali. DNS adalah singkatan dari Domain Name Server, yaitu adalah sebuah sistem yang menyimpan semua informasi data dari domain ataupun hostname dalam sebuah jaringan. Nah tanpa adanya DNS, maka domain tidak bisa mentranslate atau menerjemahkan domain ke alamat IP. 
  
Jenis jenis DNS dan Fungsinya 
  •  A record , yaitu memetakan hostname ke IP address 32-bit (IPv4).
  • AAAA record , yaitu memetakan hostname ke IP address 128-bit (IPv6). catatan : ini bukan baterai vroh
  • MX Record, ini memetakan domain ke mail exchange server
  • CNAME Record, kalo yang ini membuat nama alias dari sebuah domain.
  • NS Record, memetakan domain kedalam satu daftar dari DNS Server.
Dan DNS ini digunakan untuk mengatur domain, biasanya di kontrol panel domainnya atau juga jika Domain sudah di set Name Server atau NS Recordnya ke Hostingan, kalian bisa setting dari hostingnya, entah itu mau subdomain, mx dan lainnya.
Untuk koneksi internet, kita memerlukan DNS ini. Settingan DNS ada pada konfigurasi Network disetiap komputer. Untuk wifi publik, yang memiliki fungsi DHCP, biasanya DNS sudah diset dari router atau AP. Nah DNS ini juga ada yang memblokir situs tertentu, misalnya seperti DNS dari Telkom, dkk yang akan meredirect ke situs Internet Positif jika kita mencoba mengakses situs yang diblok.

sekarang sudah pada tau kan.. 
kalau begitu giliran saya berpamitan kepada bro and sis semua. wasalamualaikum semoga bermanfaat.:)

Komentar