Cara Mengatasi Masalah Dual Boot Setelah Instal Linux

   Asalamualaikum wr.wb
hallo sobat semua
Disaat kalian mulai menyukai linux karena pengembangan Open Source,  dan ingin  menginstall nya pada laptop, tetapi kalian juga tidak mau meninggalakan windows sebagai Sistem Opersi di latop, maka anda memilih dengan install kedua OS tersebut pada laptop atau PC  kita, hal ini bisa memungkinkan dengan adanya GRUB pada system operasi linux mint.

Terus permasalahan nya sekarang adalah  terkadang kita bisa kehilangan GRUB linux setelah instalasi linux, sehingga laptop atau pc kita tidak bisa dual boot pada saat booting seperti yang kita inginkan, tidak mucul piihan dual boot system operasi  seperti yang saya harapkan. berdasar kan pengalaman saya, saya ingin mencoba menjelaskan untuk mengembalikan GRUB pada linux yang gak tampil untuk dual boot  pada laptop atau PC anda.

tetapi saran saya kalau ingin meng install linux mint lebih baik nya kalau kalian tidak memakai Dual Boot karena selalin GRUB nya tidak muncul pada saat Booting, Harddisk pada laptop / PC kalian dapat mengalami Bad sector, dan kalau mengalami hal tersebut kalian harus merogoh kocek kalian untuk mengganti harddisk tsb karena mengganti Harddisk itu amat sangat mahal, jangan ambil Resiko, mending kalian tentukan OS mana yg lebih kalian sukai dan meng instalnya 1 OS saja.!
Dalam tips  ini saya menggunakan Windows 8 dual boot dengan linux mint 17. Untuk mengembalikan GNU GRUB linux mint 17. yang tidak muncul pada saat booting,saya melakukan langkah-langkah sebagaiberikut :
  • Gunakan DVD Live/USB Live untuk menjalankan Linux Mint secara langsung
  • Masuk ke Terminal kemudian ketikkan command line “ sudo su “  tanpa tanda petik
  • Masukan password  user linux anda
  • Ketik command line untuk mengetahui direktori tempat sistem berada: fdisk-1  (untuk mengetahui di direktori apa sistem kita berada)Dalam kasus ini saya menemukan pada sda6 sistem linux saya ter install,anda tinggal menyesuaikan saja di sda mana linux anda terinstall untuk menulis perintah pada command selanjutnya
  • Ketik command line sebagai perintah untuk membuka (mount) dan masuk ke direktori tempat sistem berada:
    mount /dev/sda6 /mnt
    sda6 adalah direktori tempat sistem (Linux Mint) berada, jadi sesuaikan dengan hasil dari langkah pada command fdisk –l
  • Lalu ketik command line sebagai perintah untuk menginstal kembali grub:
    grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
  • Selesai,jika penginstallan berhasil akan ada dialog Installation finished. No error reported
  •  Setalah mengikuti tahap-tahap di atas silahkan restart laptop  atau  PC anda

selamat mencoba.:-)
wasalamualaikum wr.wb

Komentar