Langkah-langkah installasi Wordpress di local host

  Asalamualaikum wr.wb
hallo teman semua pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit keada kalian yaitu tentang langkah-langkah installasi Wordpress di local host.
sebelum kita masuk pada langkah installasi kita harus tau pengertian dari wordpress terlebihdahulu.

Pengertian
wordpress merupakan sebuah aplikasi open source yang berbasis berbasis PHP dan MySQL. Sebuah komputer lokal dapat digunakan untuk pengujian dan pembelajaran tujuan single-user. Fitur termasuk arsitektur plugin dan sistem template. WordPress digunakan oleh lebih dari 27,5% dari 10 juta website per Februari 2017. WordPress dilaporkan manajemen situs web yang paling populer atau sistem blogging digunakan di Web, mendukung lebih dari 60 juta website. WordPress dirilis pada 27 Mei 2003, oleh pendirinya, Matt Mullenweg dan Mike Little.

Latarbelakang
saya menginstall wordpress di localhost saya, karena server saya mati dan untuk saat ini saya menginstall-nya di localhost dulu

Jangka waktu
Untuk orang yg masih belajar seperti saya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 45 menit'an

Alat dan bahan
paket wordpress 4.7.3
sebuah pc / laptop


Tahap pengerjaan
pastikan kalau kalian sudah mempunyai file wordpress nya kalau belum silahkan anda download terlebih dahulu

kemudian buka terminal dan masuklah sebagai root
 
kemudian masuklah ke directory tempat kalian menyimpan wordpress-nya.
Disini saya menaruh wordpress-nya di Documents  jadi saya tinggal mengetikan perintah : #cd /home/prasetya/documents 
 
kita copy wordpress-nya ke directory html dengan mengetikan
perintah : #cp wordpress.zip /var/www/html
lalu kita masuk ke directory html-nya dengan perintah : #cd /var/www/html
kalau sudah coba tampilkan direktori nya dengan mengetikan perintah : #ls
kemudian setelah tampil direktorinya lalu unzip file wordpress-nya. Dengan perintah : #unzip wordpresss-4.7.3.zip
setelah meng-unzip filenya kita beri akses ke file wordpressnya dengan 
perintah : #chown -R www-data:www-data wordpresss
 lalu kita beri akses lagi dengan mengetikan
perintah : #chmod -R 755 wordpresss
sekarang buatlah database untuk wordpressnya di phpmyadmin
untuk bahasanya pilih bahasa terserah kalian yg penting kalian paham dengan bahasa tersebut
kemudian setelah memilih bahasa pilih let's go! untuk melanjutkan
kemudian masukan Database name, Username, password, Database Host, dan Table prefix nya.
 kemudian klik Run the install
kemudian isikan information needed sebagai contoh seperti gambar di bawah
kemudian masukan username dan password kalian
kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini dan proses installasi pun telah selesai.
karena tampilanya masih default kalian bisa mengeditnya sesuai kehendak kalian.
baiklah dari saya sekian kurang lebihnya saya minta maaf
Wasalamualaikum wr.wb



Komentar