Langkah-langkah Konfigurasi Monitorik di Debian server 8.6

 
  Asalamualaikum wr.wb
hallo teman-teman di sini saya akan membagi hasil dari praktek saya di BLC Telkom yaitu mengkonfigurasi Monitorix di Debian 8.6

PENGERTIAN
Monitorix adalah free open source, ringan alat monitoring sistem yang dirancang untuk memantau layanan dan sumber daya sistem sebanyak mungkin. Telah dibuat untuk digunakan di bawah produksi Linux / UNIX server, namun karena kesederhanaan dan ukuran kecil dapat digunakan pada perangkat embedded juga.
Semua perkembangannya awalnya dibuat untuk memantau Red Hat, Fedora dan CentOS Linux sistem, sehingga proyek ini dibuat dengan mengingat jenis ini distribusi. Hari ini berjalan pada distribusi GNU / Linux yang berbeda dan bahkan dalam sistem UNIX lain seperti FreeBSD, OpenBSD dan NetBSD. Saat ini dalam pengembangan aktif menambahkan fitur baru, grafik baru dan memperbaiki bug dalam upaya untuk menawarkan alat yang hebat untuk administrasi sistem harian. Monitorix adalah sebuah proyek open source dan, seperti proyek open source lainnya, setiap orang dapat berkontribusi dengan waktu dan pengetahuan sendiri.

LATARBELAKANG
ingin mencoba mengkonfigurasi supaya saya bisa dan saya paham tentang Monitorix

YANG DI PERLUKAN
sebuah server
koneksi internet
pc client

TAHAP PENGERJAAN
aplikasi depedensi tersebut
harus diinstall terlebih dahulu dengan perintah :
#apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl- perl
 Setelah terinstall pindahlah directori ke directori yang memuat file monitorix.deb tersebut, contoh : #cd /home/prasetya/
kemudian cek file tersebut dengan perintah :#ls
seperti gambar di bawah
 Setelah itu masukan perintah : #dpkg -i monitorix_3.6.0.-izzy1_all.deb
 Jika tidak ada error maka sudah dapat dicoba di client , jika ada error maka masukan perintah :#apt-get install -f
kemudian reboot lah server kalian dengan perintah :#reboot

Lalu buka melalui browser client windows xp atau linux (ubuntu) dengan mengakses http://ipserver anda:8080/monitorix contohnya seperti server saya di
http://192.168.51.2:8080/monitorix , maka akan muncul seperti dua gambar di bawah ini.:)

Dari saya sekian kurang lebihnya saya minta maaf yahh karena saya ini juga manusia jadi tak lepas dari yg namanya kesalahan.:)
Wasalamualaikum wr.wb

Komentar