Pemahaman tentang OSI Layer

  

  Asalamualaikum wr.wb
Hallo semua di sini saya akan memberikan pemahaman bagi kalian yg belum tau tentang OSI Layer 

Latar belakang
untuk memberikan pemahaman kepada pembaca dan juga supaya saya sendiri lebih paham dengan cara saya menambahkanya di blog saya

Pengertian
OSI atau Open System Interconnection adalah kerangka logika terstruktur, bagaimana proses atau gambaran komunikasi data berinteraksi didalam jaringan. OSI di ciptakan oleh International Strandarization Of Organization atau biasa di kenal ISO. Fungsi di tetatpkannya OSI adalah supaya perangkat komunikasi antar vendor dari dunia dapat saling berkomunikasi, dahulu sebelum OSI di tetapkan,perangkat komunikasi tidak dapat saling berkomunikasi antar vendor yang berbeda.
OSI terdiri dari 7 lapisan, yaitu Application, Presentation, Session, Transport, Network, data link dan physical, cara biar mudah menghafalnya saya punya cara mudah, Anak Pak Saleh Tidak Nakal Dan Pintar, dengan membuat awalan dari nama setiap layer menjadi kalimat kita bisa lebih mudah menghafalnya. Di bawah ini penjelasan dari ketujuh layer pada OSI :
7. Application (layer 7)
Layer ini bertugas agar aplikasi pengguna dapat berkomunikasi. Berikut penjelasan detailnya,
Capture
WEB BROWSER WEB SERVER
Web browser adalah aplikasi pengguna, berkomunikasi dengan web browser (chrome, mozilla firefox etc..) sebagai layanan jaringan. Selain itu pada lapisan ini menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna dan bertanggung jawab atas pertukaran informasi antar program komputer seperti server printer, email dll.
PROTOKOL YANG BERADA DIDALAM LAPISAN(LAYER) INI ADALAH HTTP,
FTP, DNS,DLL

6. Presentation ( layer 6)
Paket data dari lapisan Application di rubah formatnya ke dalam format yang bisa di transmisikan melalui jaringan agar bisa di teruskan.
PROTOKOL YANG BERADA DIDALAM LAPISAN (LAYER) INI ADALAH
WINDOWS NT, VNC, MPEG DLL..

5. Session ( Layer 5)
Pada lapisan ini bertanggung jawab sebagai membuat koneksi, memelihara, menjaga, menghancurkan koneksi, selain itu di lapisan ini juga terjadinya resolusi nama.
PROTOKOL YANG BERADA DIDALAM LAPISAN(LAYER) INI ADALAH NetBIOS
DLL..

4. Transport (layer 4)
Pada lapisan ini bertugas memecah data ke dalam paket-paket data serta memberi nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat di susun kembali pada sisi tujuan setelah di terima penomoran untuk berdasarkan aplikasi atau server yang ingin di tuju, misalkan untuk web server menggunakan 80. Selain itu pada lapisan ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket di terima dengan sukses dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan.
PROTOKOL YANG BERADA DIDALAM LAPISAN (LAYER) INI ADALAH TCP DAN
UDP
PROTOKOL DATA UNIT PADA LAPISAN INI DI SEBUT SEGMENT

3. Network ( Layer 3)
Lapisan ini tugasnya mendifinisikan alamat-alamat IP, membuat header pada paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router. Jadi pada lapisan ini, paket yang sudah di kemas di laisan transport tadi, di beri alamat-alamat, rules terbaik, dan header pada lapisan ini.
PROTOKOL YANG BERADA DIDALAM LAPISAN(LAYER) INI ADALAH IP, ICMP, RIP, OSPF EIGRP, ISIS, DLL
PROTOKOL DATA UNIT PADA LAPISAN INI DI SEBUT PACKET

2. Data Link ( Layer 2)
Layer ini menentukan bagaimana bit-bit di kelompokan menjadi format yang di sebut frame. Pada lapisan ini juga bertanggung jawab untuk koreksi kesalahan, flow kontrol, pengalamatan perangkat keras (MAC address) dan menentukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti bridge dan switch bekerja.
PROTOKOL YANG BERADA DIDALAM LAPISAN(LAYER) INI ADALAH PPP, PPTP VLAN Token Ring, DLL..
PROTOKOL DATA UNIT PADA LAPISAN INI DI SEBUT FRAME

1. Network Interface ( Layer 1)
Lapisan ini merupakan lapisan paling bawah alias dasar, berkaitan langsung dengan data “mentah” dalam bentuk sinyal-sinyal listrik. Data bit di kirim sebagai 1 dan 0 ( bilangan biner) yang berupa tegangan listrik. Pada lapisan ini selalu berhubungan dengan hardware salah satunya NIC ( network interfaces card), media pengkabelan atau radio (nirkabel) bekerja, di NIC ini akan di konversi dari sinyal-sinyal 0 dan 1 ke tegangan istrik, 0 untuk tegangan rendah dan 1 untuk tegangan tinggi ( tergantung encoding yang di gunakan)
NB : HUB selalu berapa pada layer ini karena sifatnya selalu broadcast.
Gambaran skema Protokol Data Unit :
Untuk penjelasan setiap protokol atau istilah-istilah yang masih asing silahkan merujuk ke google atau tanya di kolom komentar. Terima kasih sebelumnya
Sumber :
Wikipedia
Buku Network Foundamental CCNA best path Training

Sekian pemahaman tentang Osi layer dari saya kurang lebihnya saya minta maaf dan smoga bermanfaat bagi yg membacanya.:)
Wasalamualaikum wr.wb

referensi : https://networkernewbie.wordpress.com/2015/06/18/apa-itu-osi-layer/

Komentar